Friday, February 07, 2014

MANFAAT BAMBU BAGI INFRASTRUKTUR

BAMBU
Nama ilmiah                          : Bambusoideae
Tingkatan takson                  : Subkeluarga



https://wiryanto.wordpress.com
http://dusunbambu.com/
Manfaat Bambu bagi pembangunan infrastruktur sangatlah banyak dan memang di butuhkan untuk pembangunan. Di Indonesia banyak sekali jenis babu yang tumbuh tetapi masih banyak orang Indonesia yang masih kurang paham terhadap pemanfaatan bambu. Namu, bambu bagi masyarakat di Indonesia masih terbatas pada pemanfaatan tradisional dan lebih bersifat kultural. Selain itu, pelaku usaha juga masih terfokus pada penanaman kelapa sawit dan belum banyak yang membuka pusat penanaman bambu.

Seperti yang di katakana oleh Dubes Arif Havas Oegroseno menyampaikan potensi bambu sebagai produk yang ramah lingkungan, multi-fungsi, dan menguntungkan, sangatlah besar apabila diperhatikan secara serius seluruh pemangku kepentingan industri bambu. Prospek industi bambu sangat menjanjikan. Pemanfaatan bambu tidak hanya ada pada lingkup kerajinan tangan dan industri kecil malainkan sampai kepada pembangunan infrastruktur dan sumber energi terbarukan.

''Prospek industri bambu sangat menjanjikan dimana saat ini pemanfaatan bambu tidak lagi terbatas pada kerajinan tangan dan industri kecil lainnya, melainkan telah meluas sampai kepada pembangunan infrastruktur dan sumber energi terbarukan,'' kata Arif Havas.

Selain hanya sebagiai kerajinan tangan atau industri kecil, bambu dapat menjadi Panel, Lantai, bio-fuel, Furnitur dan kebun bambu itu sendiri dapat menjadi lokasi "carbon catchment" yang memiliki nilai ekonomi. Bambu memiliki image sangat bagus yaitu"bamboo is the green material".

 Carbon Catchment adalah  penangkapan dan penyimpanan karbon dioksida (CO2) dari atmosfer dalam jangka waktu yang lama. Sekuestrasi karbon juga bisa merujuk pada:
·         Proses pemindahan karbon dari atmosfer dan mendepositkannya ke reservoir.
·    Proses penangkapan dan penyimpanan karbon, di mana karbon dioksida dari gas buang (misal dari pembangkit listrik) diambil dan disimpan di reservoir
·    Siklus biogeokimia alami dari karbon yang terjadi antara atmosfer dan komponen bumi, misal proses pelapukan kimiawi dari bebatuan.

Lah makanya itu, kita kalau duduk-duduk di bawah pohon banbu rasanya sejuk dan nyama, karema bambu dapat menyimpak karbon dioksida.
Banyak Negara-negar di dunia yang membutuhkan Bambu, misalnya di Eropa membutuhkan 700 ton bambu panel per bulan, sementara AS membutuhkan 20 juta ton per tahun. Banyak sekali kan orang yang membutuhkan bambu. Coba Indonesia bisa memanfaatkan bambu denngan baik, Mantap kayaknya.

Cukup sekian tuliasan dari saya, semoga dapat membantu pengetahuan teman-teman, maaf ya..kalau ada tulisan yang salah, atau arti yang salah.

referensi :
http://www.republika.co.id/berita/nasional/lingkungan/12/04/13/m2e47o-bambu-bisa-menjadi-sumber-energi-terbarukan
https://id.wikipedia.org/wiki/Sekuestrasi_karbon

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Kasih Coment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls